Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 8 - Bab 1: My Daily Activities (Aktivitas Sehari-hari Saya)
Kompetensi Dasar (KD):
- Memahami teks lisan dan tulisan tentang kegiatan sehari-hari dalam kehidupan yang melibatkan penggunaan ungkapan rutin, waktu, dan aktivitas.
- Mengungkapkan ide, perasaan, dan informasi dalam kegiatan berbicara dan menulis menggunakan ungkapan sehari-hari yang melibatkan kegiatan rutin.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:
- Menyebutkan kegiatan sehari-hari menggunakan kosakata yang tepat dalam bahasa Inggris.
- Menyusun kalimat tentang kegiatan rutin menggunakan bentuk Present Tense.
- Mengidentifikasi dan menjawab pertanyaan mengenai aktivitas sehari-hari dalam konteks percakapan.
- Membuat teks pendek tentang rutinitas harian menggunakan kalimat sederhana.
- Meningkatkan kemampuan mendengarkan melalui percakapan sederhana tentang kegiatan sehari-hari.
Materi Pembelajaran:
1. Kosakata (Vocabulary)
- Daily Activities (Aktivitas Sehari-hari):
- Wake up – Bangun tidur
- Get up – Bangun dari tempat tidur
- Brush teeth – Menyikat gigi
- Have breakfast – Sarapan
- Go to school – Pergi ke sekolah
- Study – Belajar
- Play – Bermain
- Watch TV – Menonton TV
- Have dinner – Makan malam
- Go to bed – Tidur
2. Kalimat Positif, Negatif, dan Interrogatif (Question Form)
- Present Simple Tense digunakan untuk menyatakan kegiatan yang dilakukan secara rutin atau kebiasaan.
- Positif: I wake up at 6 a.m. – Saya bangun tidur pada jam 6 pagi.
- Negatif: I do not (don’t) play football in the afternoon. – Saya tidak bermain sepak bola di sore hari.
- Interrogatif: Do you go to school by bus? – Apakah kamu pergi ke sekolah naik bus?
3. Time Expressions (Ekspresi Waktu)
- Every day – Setiap hari
- In the morning – Di pagi hari
- In the afternoon – Di siang hari
- In the evening – Di malam hari
- At night – Pada malam hari
Langkah-Langkah Pembelajaran:
Pendahuluan:
- Kegiatan Pembukaan:
- Menyapa siswa dan bertanya tentang kegiatan sehari-hari mereka (What do you do in the morning? What time do you wake up?).
- Menghubungkan materi dengan pengalaman pribadi siswa agar mereka lebih mudah memahami konteks.
Inti Pembelajaran:
Kegiatan 1: Menyimak Teks Pendek
- Siswa mendengarkan percakapan antara dua orang yang menceritakan kegiatan sehari-hari mereka.
- Contoh Percakapan:
- A: "Hi! What time do you wake up?"
- B: "I wake up at 6 a.m. every day."
- A: "What do you do after you wake up?"
- B: "I brush my teeth, then I have breakfast."
- Contoh Percakapan:
- Tanyakan kepada siswa apa yang mereka dengar dan minta mereka untuk mencatat kegiatan yang disebutkan dalam percakapan tersebut.
- Siswa mendengarkan percakapan antara dua orang yang menceritakan kegiatan sehari-hari mereka.
Kegiatan 2: Menyusun Kalimat
- Siswa diberikan daftar kegiatan sehari-hari dan diminta untuk menyusun kalimat menggunakan Present Simple Tense.
- Contoh:
- Kegiatan: "have breakfast"
- Kalimat: "I have breakfast at 7 a.m."
- Contoh:
- Setelah itu, siswa diminta untuk menuliskan rutinitas harian mereka dalam bentuk kalimat menggunakan ekspresi waktu yang tepat.
- Siswa diberikan daftar kegiatan sehari-hari dan diminta untuk menyusun kalimat menggunakan Present Simple Tense.
Kegiatan 3: Berdiskusi dan Berbicara
- Siswa berpasangan dan saling bertanya tentang rutinitas harian mereka.
- Contoh Pertanyaan:
- "What time do you go to school?"
- "What do you do after school?"
- Contoh Pertanyaan:
- Diskusi ini membantu siswa untuk berbicara menggunakan struktur kalimat yang benar.
- Siswa berpasangan dan saling bertanya tentang rutinitas harian mereka.
Penutupan:
- Refleksi dan Tugas
- Diskusikan pembelajaran hari ini dan ajak siswa untuk merenung tentang apa yang telah mereka pelajari.
- Berikan tugas rumah untuk menulis teks pendek mengenai kegiatan sehari-hari mereka dalam bahasa Inggris.
- Contoh Tugas:
- Write about your daily routine. Include at least 5 activities in the morning, afternoon, and evening.
Penilaian:
- Penilaian Lisan: Menilai kemampuan berbicara siswa saat berlatih percakapan tentang rutinitas harian mereka.
- Penilaian Tertulis: Memeriksa kalimat yang siswa buat dalam tugas rumah mereka tentang kegiatan sehari-hari.
- Penilaian Mendengarkan: Menilai seberapa baik siswa dapat memahami percakapan yang mereka dengarkan dan mencatat kegiatan yang disebutkan.
Media dan Sumber Pembelajaran:
- Audio rekaman percakapan tentang kegiatan sehari-hari.
- Gambar kegiatan sehari-hari yang dapat digunakan untuk menjelaskan kosakata.
- Lembar kerja untuk latihan menulis dan menyusun kalimat.
- Video pendek yang menggambarkan rutinitas harian seseorang.
Dengan modul ajar ini, siswa diharapkan dapat memahami dan menguasai penggunaan Present Simple Tense dalam kehidupan sehari-hari serta dapat berbicara dan menulis tentang rutinitas mereka dengan lancar dalam bahasa Inggris.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar