Selasa, 17 Desember 2024

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 8 - Bab 1: My Daily Activities (Aktivitas Sehari-hari Saya)

 

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 8 - Bab 1: My Daily Activities (Aktivitas Sehari-hari Saya)

Kompetensi Dasar (KD):

  1. Memahami teks lisan dan tulisan tentang kegiatan sehari-hari dalam kehidupan yang melibatkan penggunaan ungkapan rutin, waktu, dan aktivitas.
  2. Mengungkapkan ide, perasaan, dan informasi dalam kegiatan berbicara dan menulis menggunakan ungkapan sehari-hari yang melibatkan kegiatan rutin.

Tujuan Pembelajaran:

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:

  1. Menyebutkan kegiatan sehari-hari menggunakan kosakata yang tepat dalam bahasa Inggris.
  2. Menyusun kalimat tentang kegiatan rutin menggunakan bentuk Present Tense.
  3. Mengidentifikasi dan menjawab pertanyaan mengenai aktivitas sehari-hari dalam konteks percakapan.
  4. Membuat teks pendek tentang rutinitas harian menggunakan kalimat sederhana.
  5. Meningkatkan kemampuan mendengarkan melalui percakapan sederhana tentang kegiatan sehari-hari.

Materi Pembelajaran:

1. Kosakata (Vocabulary)

  • Daily Activities (Aktivitas Sehari-hari):
    • Wake up – Bangun tidur
    • Get up – Bangun dari tempat tidur
    • Brush teeth – Menyikat gigi
    • Have breakfast – Sarapan
    • Go to school – Pergi ke sekolah
    • Study – Belajar
    • Play – Bermain
    • Watch TV – Menonton TV
    • Have dinner – Makan malam
    • Go to bed – Tidur

2. Kalimat Positif, Negatif, dan Interrogatif (Question Form)

  • Present Simple Tense digunakan untuk menyatakan kegiatan yang dilakukan secara rutin atau kebiasaan.
    • Positif: I wake up at 6 a.m. – Saya bangun tidur pada jam 6 pagi.
    • Negatif: I do not (don’t) play football in the afternoon. – Saya tidak bermain sepak bola di sore hari.
    • Interrogatif: Do you go to school by bus? – Apakah kamu pergi ke sekolah naik bus?

3. Time Expressions (Ekspresi Waktu)

  • Every day – Setiap hari
  • In the morning – Di pagi hari
  • In the afternoon – Di siang hari
  • In the evening – Di malam hari
  • At night – Pada malam hari

Langkah-Langkah Pembelajaran:

Pendahuluan:

  1. Kegiatan Pembukaan:
    • Menyapa siswa dan bertanya tentang kegiatan sehari-hari mereka (What do you do in the morning? What time do you wake up?).
    • Menghubungkan materi dengan pengalaman pribadi siswa agar mereka lebih mudah memahami konteks.

Inti Pembelajaran:

  1. Kegiatan 1: Menyimak Teks Pendek

    • Siswa mendengarkan percakapan antara dua orang yang menceritakan kegiatan sehari-hari mereka.
      • Contoh Percakapan:
        • A: "Hi! What time do you wake up?"
        • B: "I wake up at 6 a.m. every day."
        • A: "What do you do after you wake up?"
        • B: "I brush my teeth, then I have breakfast."
    • Tanyakan kepada siswa apa yang mereka dengar dan minta mereka untuk mencatat kegiatan yang disebutkan dalam percakapan tersebut.
  2. Kegiatan 2: Menyusun Kalimat

    • Siswa diberikan daftar kegiatan sehari-hari dan diminta untuk menyusun kalimat menggunakan Present Simple Tense.
      • Contoh:
        • Kegiatan: "have breakfast"
        • Kalimat: "I have breakfast at 7 a.m."
    • Setelah itu, siswa diminta untuk menuliskan rutinitas harian mereka dalam bentuk kalimat menggunakan ekspresi waktu yang tepat.
  3. Kegiatan 3: Berdiskusi dan Berbicara

    • Siswa berpasangan dan saling bertanya tentang rutinitas harian mereka.
      • Contoh Pertanyaan:
        • "What time do you go to school?"
        • "What do you do after school?"
    • Diskusi ini membantu siswa untuk berbicara menggunakan struktur kalimat yang benar.

Penutupan:

  1. Refleksi dan Tugas
    • Diskusikan pembelajaran hari ini dan ajak siswa untuk merenung tentang apa yang telah mereka pelajari.
    • Berikan tugas rumah untuk menulis teks pendek mengenai kegiatan sehari-hari mereka dalam bahasa Inggris.
    • Contoh Tugas:
      • Write about your daily routine. Include at least 5 activities in the morning, afternoon, and evening.

Penilaian:

  • Penilaian Lisan: Menilai kemampuan berbicara siswa saat berlatih percakapan tentang rutinitas harian mereka.
  • Penilaian Tertulis: Memeriksa kalimat yang siswa buat dalam tugas rumah mereka tentang kegiatan sehari-hari.
  • Penilaian Mendengarkan: Menilai seberapa baik siswa dapat memahami percakapan yang mereka dengarkan dan mencatat kegiatan yang disebutkan.

Media dan Sumber Pembelajaran:

  • Audio rekaman percakapan tentang kegiatan sehari-hari.
  • Gambar kegiatan sehari-hari yang dapat digunakan untuk menjelaskan kosakata.
  • Lembar kerja untuk latihan menulis dan menyusun kalimat.
  • Video pendek yang menggambarkan rutinitas harian seseorang.

Dengan modul ajar ini, siswa diharapkan dapat memahami dan menguasai penggunaan Present Simple Tense dalam kehidupan sehari-hari serta dapat berbicara dan menulis tentang rutinitas mereka dengan lancar dalam bahasa Inggris.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAMAVESA