Selasa, 17 Desember 2024

RPP B. Inggris MTs, Narrative text kelas 9 Kurikulum 13

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Kelas/Semester: 9/1
Materi Pokok: Narrative Text (Teks Naratif)
Alokasi Waktu: 2 x 40 menit (1 pertemuan)
Model Pembelajaran: Discovery Learning
Tema: Teks Naratif: Struktur, Ciri-Ciri, dan Pembuatan


A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:

  1. Memahami dan mengidentifikasi struktur dan ciri-ciri teks naratif (orientation, complication, resolution).
  2. Menganalisis teks naratif sederhana yang mencakup struktur dan karakteristik.
  3. Menulis teks naratif yang sederhana berdasarkan pengalaman atau imajinasi mereka sendiri.
  4. Menyampaikan cerita atau pengalaman melalui kegiatan berbicara dengan menggunakan struktur teks naratif yang benar.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar:

  • 3.6 Menganalisis makna dalam teks naratif lisan dan tulis dengan memperhatikan unsur kebahasaan dan struktur teks.
  • 4.6 Menyusun teks naratif yang menggunakan kosakata dan struktur kalimat yang sesuai dengan konteks.

Indikator Pencapaian Kompetensi:

  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian dan tujuan teks naratif.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi struktur teks naratif dalam sebuah teks.
  3. Siswa dapat menulis teks naratif berdasarkan pengalaman atau imajinasi mereka.
  4. Siswa dapat menceritakan kembali cerita naratif secara lisan dengan baik.

C. Materi Pembelajaran

  1. Pengertian Teks Naratif

    • Teks naratif adalah teks yang menceritakan peristiwa atau kejadian yang terjadi dalam urutan waktu tertentu dengan tujuan menghibur atau menyampaikan pesan moral.
  2. Ciri-ciri Teks Naratif

    • Mengandung orientasi, komplikasi, dan resolusi.
    • Menggunakan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung.
    • Menggunakan past tense untuk menceritakan peristiwa di masa lalu.
  3. Struktur Teks Naratif

    • Orientation (Pengenalan): Pengenalan tokoh, waktu, dan tempat.
    • Complication (Masalah): Munculnya masalah atau konflik yang dihadapi oleh tokoh.
    • Resolution (Penyelesaian): Penyelesaian masalah yang dihadapi oleh tokoh.

D. Metode Pembelajaran

  • Discovery Learning: Siswa akan dipandu untuk menemukan dan memahami ciri-ciri serta struktur teks naratif melalui kegiatan diskusi, analisis teks, dan tugas menulis.
  • Cooperative Learning: Siswa bekerja dalam kelompok untuk membaca dan menganalisis teks naratif bersama-sama.

E. Langkah-langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

  • Apersepsi:
    • Guru mengawali pelajaran dengan bertanya kepada siswa tentang pengalaman mereka mendengar cerita atau membaca cerita fiksi.
    • Menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa, seperti cerita-cerita yang mereka dengar atau tonton.
  • Motivasi:
    • Guru menjelaskan pentingnya memahami teks naratif sebagai sarana untuk menceritakan kisah dan mengungkapkan pesan melalui cerita.
  • Penyampaian Tujuan Pembelajaran:
    • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan ini.

2. Kegiatan Inti (60 menit)

  • Menganalisis Teks Naratif (20 menit):

    • Guru membagikan teks naratif yang sudah disiapkan kepada siswa (contoh teks naratif pendek seperti cerita rakyat atau dongeng).
    • Siswa diminta untuk membaca teks secara individu.
    • Siswa diminta mengidentifikasi elemen-elemen dalam teks tersebut, seperti:
      • Orientation (Pengenalan tokoh dan setting)
      • Complication (Masalah yang dihadapi)
      • Resolution (Penyelesaian masalah).
    • Guru memberikan panduan jika diperlukan, dan siswa dapat mendiskusikan hasil analisisnya dengan teman sekelas.
  • Diskusi Kelompok (15 menit):

    • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk mendiskusikan lebih lanjut teks yang telah dibaca.
    • Setiap kelompok mendiskusikan struktur teks naratif dan memilih satu bagian yang mereka anggap menarik untuk dibagikan ke kelas.
    • Kelompok menyusun laporan hasil diskusi tentang struktur teks dan mempresentasikannya di depan kelas.
  • Menyusun Teks Naratif (25 menit):

    • Setelah memahami elemen-elemen dalam teks naratif, siswa diminta untuk menulis teks naratif sederhana berdasarkan pengalaman pribadi atau imajinasi mereka.
    • Guru memberikan bimbingan dalam menyusun teks, memastikan bahwa siswa menggunakan struktur yang benar (Orientation, Complication, Resolution).
    • Siswa diminta untuk membuat cerita pendek dengan durasi sekitar 150-200 kata.
    • Siswa dapat memilih tema cerita, seperti pengalaman lucu, cerita petualangan, atau kisah fiksi.

3. Kegiatan Penutupan (10 menit)

  • Refleksi:
    • Guru mengajak siswa untuk merefleksikan apa yang telah dipelajari tentang teks naratif.
    • Guru bertanya kepada siswa tentang tantangan yang mereka hadapi dalam menyusun teks naratif dan bagaimana mereka mengatasi tantangan tersebut.
  • Tugas Rumah:
    • Siswa diminta untuk menyelesaikan teks naratif yang belum selesai ditulis di kelas, atau menulis teks naratif baru dengan tema bebas.
  • Penutupan:
    • Guru menyimpulkan pembelajaran hari itu dan memberi penguatan bahwa teks naratif adalah bagian penting dalam komunikasi yang melibatkan cerita.

F. Media dan Sumber Pembelajaran

  1. Media Pembelajaran:
    • Buku teks Bahasa Inggris
    • Lembar kerja siswa (LKS)
    • Contoh teks naratif (cerita pendek, cerita rakyat, dongeng)
  2. Sumber Belajar:
    • Buku Bahasa Inggris Kelas 9 SMP
    • Sumber cerita dari internet atau buku cerita

G. Penilaian

Penilaian Sikap:

  • Menilai sikap siswa dalam berkolaborasi, berdiskusi, dan mengikuti aktivitas kelas dengan baik.

Penilaian Pengetahuan:

  • Menilai pemahaman siswa tentang teks naratif berdasarkan analisis teks dan diskusi kelas.

Penilaian Keterampilan:

  • Menilai kemampuan siswa dalam menulis teks naratif yang sesuai dengan struktur yang benar.

Demikianlah RPP Narrative Text untuk Kelas 9 SMP dengan Kurikulum 2013. RPP ini diharapkan dapat membantu siswa memahami teks naratif secara mendalam dan mengembangkan kemampuan menulis dan berbicara mereka melalui teks naratif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NARRATIVE TEXT DILENGKAPI GAMBAR