Selasa, 17 Desember 2024

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA B.INGGRIS MTS KELAS 8 RECOUNT TEXT

 

Modul Ajar: Recount Text - Kelas 8 Semester 1

Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Kelas/Semester: 8/1
Topik: Recount Text
Alokasi Waktu: 4 x 40 menit (2 Pertemuan)
Model Pembelajaran: Discovery Learning
Tema: Menulis dan Membaca Teks Recount


A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:

  1. Memahami pengertian dan struktur dari Recount Text.
  2. Mengidentifikasi elemen-elemen dalam Recount Text.
  3. Menyusun teks recount yang sesuai dengan struktur yang benar.
  4. Menceritakan pengalaman pribadi melalui teks recount secara lisan dan tulisan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar:

  • 3.3 Mengidentifikasi makna dalam teks recount (lisan/tulisan) dengan memperhatikan aspek kebahasaan.
  • 4.3 Menulis teks recount sederhana yang berisi pengalaman atau kejadian masa lalu dengan menggunakan kosakata dan struktur yang sesuai.

Indikator Pencapaian Kompetensi:

  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian dan tujuan teks recount.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi struktur teks recount (Orientation, Events, Reorientation).
  3. Siswa dapat menulis teks recount sederhana berdasarkan pengalaman pribadi.
  4. Siswa dapat berbicara dan menceritakan kembali pengalaman mereka dalam bentuk teks recount.

C. Materi Pembelajaran

  1. Pengertian Recount Text

    • Recount text adalah teks yang menceritakan kembali kejadian atau pengalaman di masa lalu secara kronologis, biasanya dengan tujuan untuk menginformasikan atau menghibur.
  2. Ciri-ciri Teks Recount

    • Menceritakan kejadian yang telah terjadi di masa lalu.
    • Menggunakan kalimat dalam bentuk Past Tense.
    • Menggunakan time markers (misalnya: last week, yesterday, in 2019, etc.).
    • Menggunakan urutan waktu (first, next, then, finally).
  3. Struktur Teks Recount

    • Orientation: Pengenalan siapa, kapan, dan di mana kejadian terjadi.
    • Events: Rangkaian kejadian yang terjadi dalam urutan waktu.
    • Reorientation: Penyelesaian atau kesimpulan dari cerita.

D. Metode Pembelajaran

  • Discovery Learning: Siswa akan menemukan elemen-elemen dalam teks recount melalui pembelajaran berbasis teks yang disajikan dan diskusi kelompok.
  • Cooperative Learning: Siswa bekerja dalam kelompok untuk mendiskusikan teks recount dan menulis teks recount mereka sendiri.

E. Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)

  • Apersepsi:
    • Guru mengawali pelajaran dengan bertanya kepada siswa mengenai pengalaman mereka yang paling berkesan atau hal menarik yang baru saja terjadi.
    • Menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa, seperti berbagi cerita pengalaman.

2. Kegiatan Inti (60 menit)

  • Mengenal Teks Recount (15 menit):

    • Guru memberikan contoh teks recount sederhana (misalnya: pengalaman liburan, kejadian menarik, atau cerita pengalaman pribadi).
    • Siswa membaca teks secara individu dan kemudian mendiskusikan elemen-elemen dalam teks tersebut.
    • Guru membantu siswa untuk mengidentifikasi struktur dan kosakata yang digunakan dalam teks recount.
  • Diskusi Kelompok (15 menit):

    • Siswa dibagi dalam kelompok kecil untuk mendiskusikan teks recount yang telah dibaca dan menjawab beberapa pertanyaan terkait struktur teks.
      • Pertanyaan contoh:
        • Apa yang terjadi pertama kali dalam cerita?
        • Kapan kejadian itu terjadi?
        • Apa yang terjadi setelah kejadian pertama?
        • Bagaimana cerita tersebut berakhir?
    • Setiap kelompok diminta untuk menyusun laporan dan membagikan hasil diskusi mereka di depan kelas.
  • Menyusun Teks Recount (20 menit):

    • Guru memberikan instruksi untuk siswa menulis teks recount berdasarkan pengalaman pribadi mereka atau kejadian yang mereka alami.
    • Siswa diminta untuk menyusun teks dengan mengikuti struktur yang benar (Orientation, Events, Reorientation).
    • Guru memberikan bimbingan selama proses menulis dan memastikan siswa menggunakan Past Tense serta time markers yang tepat.

3. Kegiatan Penutupan (10 menit)

  • Refleksi:
    • Guru mengajak siswa untuk merefleksikan apa yang telah dipelajari tentang teks recount.
    • Guru menanyakan kepada siswa kesulitan yang mereka hadapi dalam menyusun teks recount dan bagaimana mereka bisa mengatasi masalah tersebut.
  • Tugas Rumah:
    • Siswa diminta untuk melengkapi atau menyempurnakan teks recount yang telah ditulis di kelas, atau menulis teks recount baru tentang pengalaman liburan mereka.

F. Media dan Sumber Pembelajaran

  1. Media Pembelajaran:

    • Buku teks Bahasa Inggris
    • Lembar kerja siswa (LKS)
    • Audio/video yang berisi contoh teks recount
    • Gambar-gambar yang berhubungan dengan pengalaman atau kejadian yang dapat diceritakan
  2. Sumber Belajar:

    • Buku Bahasa Inggris Kelas 8
    • Sumber cerita dari internet atau cerita pribadi

G. Penilaian

Penilaian Sikap:

  • Menilai sikap siswa dalam berkolaborasi dan berdiskusi dalam kelompok serta mengikuti pembelajaran dengan aktif.

Penilaian Pengetahuan:

  • Menilai pemahaman siswa tentang struktur dan elemen-elemen dalam teks recount berdasarkan analisis teks yang mereka lakukan.

Penilaian Keterampilan:

  • Menilai kemampuan siswa dalam menulis teks recount dengan mengikuti struktur yang benar dan penggunaan past tense yang tepat.
  • Menilai keterampilan berbicara siswa saat menceritakan kembali pengalaman mereka dalam bentuk teks recount.

Dengan modul ajar ini, diharapkan siswa dapat lebih memahami dan menguasai Recount Text, serta dapat mengungkapkan pengalaman mereka dalam bentuk teks tertulis dan lisan dengan baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NARRATIVE TEXT DILENGKAPI GAMBAR