Rabu, 13 Agustus 2025

Proyek Kolaboratif, Gallery Walk, Contoh Tugas Proyek Kolaboratif, Find Someone Who…,Mind Map: My Independence Day Celebration,Jigsaw Reading, pertanyaan ice breaking tentang perayaan Hari Kemerdekaan

 

Proyek Kolaboratif
Proyek kolaboratif adalah sebuah tugas atau kegiatan di mana sekelompok orang (biasanya siswa atau peserta) bekerja sama secara aktif untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau menghasilkan produk bersama-sama. Dalam proyek ini, setiap anggota kelompok berkontribusi sesuai dengan kemampuan dan tugasnya agar tujuan proyek tercapai dengan baik.

Contohnya: Siswa dibagi dalam kelompok kecil untuk membuat presentasi tentang lingkungan, di mana setiap siswa bertanggung jawab mengerjakan bagian berbeda, seperti penelitian, membuat slide, dan presentasi.


Gallery Walk
Gallery walk adalah sebuah metode pembelajaran atau presentasi di mana hasil karya siswa (misalnya poster, proyek, karya tulis, gambar, atau hasil diskusi) dipajang di dinding atau meja, lalu siswa dan guru berjalan mengelilingi ruangan untuk melihat, membaca, dan mempelajari karya-karya tersebut. Dalam proses ini, peserta bisa berdiskusi, bertanya, atau memberi komentar tentang karya yang dipajang.

Tujuannya untuk meningkatkan interaksi, memperluas pemahaman, serta memberikan kesempatan untuk berbagi hasil kerja dengan teman-teman.


Jadi, proyek kolaboratif adalah kegiatan kerja sama menghasilkan sesuatu, dan gallery walk adalah cara memamerkan dan mendiskusikan hasil kerja tersebut secara interaktif dalam bentuk pameran kecil di kelas atau ruangan.

Contoh Tugas Proyek Kolaboratif:

Membuat Recount Text tentang Perayaan Hari Kemerdekaan

Langkah-langkah:

  1. Pembagian kelompok
    Siswa dibagi menjadi kelompok kecil, misalnya 4-5 orang per kelompok.
  2. Penentuan topik
    Setiap kelompok membuat recount text tentang pengalaman mereka atau pengalaman orang lain yang berkaitan dengan perayaan Hari Kemerdekaan (Independence Day). Contohnya:
  • Mengikuti upacara bendera 17 Agustus
  • Mengikuti lomba tradisional 17 Agustus
  • Mengunjungi tempat bersejarah pada Hari Kemerdekaan
  • Mengadakan acara khusus di rumah atau sekolah untuk memperingati Hari Kemerdekaan
  1. Pengumpulan ide dan cerita
    Kelompok berdiskusi dan mengumpulkan ide cerita berdasarkan pengalaman nyata atau imajinasi.
  2. Penulisan recount text
    Kelompok menulis recount text yang memuat:
  • Orientation (pengenalan siapa, kapan, di mana)
  • Events (urutan kejadian dalam cerita)
  • Reorientation (kesimpulan atau perasaan setelah kejadian)
  1. Mengedit dan merevisi
    Kelompok saling membaca dan mengoreksi tulisan agar bahasa dan struktur benar.
  2. Presentasi hasil
    Kelompok mempresentasikan cerita mereka secara singkat di depan kelas.

Contoh teks singkat hasil proyek (contoh):

Our Independence Day Celebration

Last August 17th, my family and I celebrated Independence Day at my school. We started the day by joining the flag ceremony at 7 a.m. The principal gave a speech about the importance of freedom. After the ceremony, we joined some traditional games like sack race and tug of war. I was very excited because I won the sack race. In the afternoon, we visited the local monument and took pictures. It was a fun and memorable day for all of us.


Cara kerja "Find Someone Who…":

  1. Guru membuat daftar pernyataan atau pertanyaan yang berkaitan dengan topik pelajaran atau tema tertentu. Contohnya untuk tema Hari Kemerdekaan bisa seperti ini:
    • Find someone who has participated in a flag ceremony.
    • Find someone who has joined a traditional game on Independence Day.
    • Find someone who watched fireworks last Independence Day.
    • Find someone who wore red and white clothes on August 17th.
  2. Siswa berkeliling kelas dan mencari teman yang sesuai dengan pernyataan itu. Misalnya, siswa bertanya, “Have you ever joined a flag ceremony on Independence Day?” Jika temannya menjawab “Yes,” maka siswa tersebut bisa menuliskan nama temannya di daftar pernyataan itu.
  3. Aktivitas ini melatih siswa untuk berbicara, mendengarkan, dan bertanya dalam bahasa Inggris dengan cara santai dan menyenangkan.

 

Tujuan "Find Someone Who…":

  • Membuat siswa aktif berbicara dan berinteraksi.
  • Memperkenalkan pengalaman pribadi terkait tema.
  • Menghangatkan suasana kelas sebelum pembelajaran inti.
  • Melatih kemampuan bertanya dan menjawab dengan bahasa Inggris sederhana.

Contoh Lembar Kerja “Find Someone Who…”

Find Someone Who…

Name

Has joined a flag ceremony on Independence Day

__________

Has participated in a traditional game

__________

Has watched fireworks during Independence Day

__________

Has worn red and white clothes on August 17

__________

Has visited a monument or historical place

__________

 

Contoh Dialog Pertanyaan & Jawaban yang Bisa Dipraktikkan Siswa

Siswa A: Have you ever joined a flag ceremony on Independence Day?
Siswa B: Yes, I have. I joined the ceremony at my school last year.


Siswa A: Have you ever participated in a traditional game on Independence Day?
Siswa B: Yes, I joined the sack race during the celebration last August 17th.


Siswa A: Did you watch the fireworks last Independence Day?
Siswa B: Yes, I did. It was very beautiful and colorful.


Siswa A: Did you wear red and white clothes on August 17?
Siswa B: Yes, I wore a red and white T-shirt at school.


Siswa A: Have you ever visited a monument or historical place during Independence Day?
Siswa B: Yes, I visited the National Monument with my family last year.

Contoh Mind Map:

My Independence Day Celebration

·         Who

o    Me

o    Family

o    Friends

o    School friends

·         When

o    August 17th last year

o    Morning and afternoon

·         Where

o    At school

o    At home

o    Community park

·         What activities happened

o    Flag ceremony

o    Traditional games (sack race, tug of war)

o    Singing patriotic songs

o    Watching fireworks

o    Eating special food (snacks, snacks red-white colored)

·         How I felt

o    Excited

o    Happy

o    Proud

o    Tired but satisfied

Jigsaw Reading adalah salah satu teknik pembelajaran membaca yang melibatkan kerja sama kelompok, di mana setiap anggota kelompok membaca bagian teks yang berbeda, lalu mereka saling berbagi informasi untuk memahami keseluruhan teks secara lengkap.


Cara kerja Jigsaw Reading secara singkat:

  1. Teks dibagi menjadi beberapa bagian (misalnya 3-4 paragraf atau subtopik).
  2. Siswa dibagi dalam kelompok kecil, lalu setiap anggota kelompok mendapat satu bagian teks yang berbeda.
  3. Setiap siswa membaca bagian teksnya secara mandiri dan memahami isinya.
  4. Setelah itu, anggota kelompok yang memiliki bagian teks yang sama berkumpul di “expert group” untuk berdiskusi dan mendalami materi bagian itu.
  5. Kemudian, siswa kembali ke kelompok asalnya dan bergantian menjelaskan isi bagian teks mereka kepada teman kelompok lain.
  6. Dengan cara ini, seluruh anggota kelompok akan memahami seluruh isi teks secara utuh melalui penjelasan teman-temannya.

 

Manfaat Jigsaw Reading:

·         Melatih kemampuan membaca secara fokus dan mendalam.

·         Melatih kemampuan berbicara dan menjelaskan ide secara jelas.

·         Meningkatkan kerja sama dan komunikasi antar siswa.

·         Membuat proses belajar jadi lebih aktif dan menyenangkan.

 

1. What did you do last Independence Day?

Answer: I joined the flag ceremony at my school and then played traditional games with my friends.

2. Did you join any special events or celebrations?

Answer: Yes, I participated in the sack race and tug of war during the school celebration.

3. Have you ever participated in a flag ceremony?

Answer: Yes, I joined the flag ceremony last year. I helped raise the flag with my classmates.

4. What games did you play during the Independence Day celebration?

Answer: I played the sack race and also joined the tug of war with my friends.

5. Where did you celebrate Independence Day last year?

Answer: I celebrated Independence Day at my school and later at home with my family.

6. Who did you celebrate with?

Answer: I celebrated with my classmates, teachers, and my family.

7. Did you wear special clothes on August 17th? What did you wear?

Answer: Yes, I wore a red and white T-shirt and a white hat during the celebration.

8. What was your favorite moment during the celebration?

Answer: My favorite moment was when I won the sack race and all my friends cheered for me.

9. Did you watch fireworks? How was it?

Answer: Yes, I watched the fireworks at night. They were colorful and very beautiful.

10. How did you feel during the Independence Day events?

Answer: I felt very happy and proud to celebrate my country’s independence.

 

Contoh Ide Poster Independence Day

  1. Poster Perayaan Kemerdekaan
    • Gambar bendera merah putih
    • Tulisan “Happy Independence Day” atau “Dirgahayu Republik Indonesia”
    • Ilustrasi upacara bendera, lomba tradisional, kembang api
    • Kalimat motivasi singkat seperti:
      “Freedom is priceless, keep our independence alive!”
  2. Poster Tokoh Pahlawan Kemerdekaan
    • Foto atau gambar pahlawan nasional seperti Soekarno, Hatta, Cut Nyak Dhien
    • Sejarah singkat atau kutipan inspiratif dari pahlawan tersebut
    • Warna merah putih sebagai latar belakang
  3. Poster Cara Memperingati Hari Kemerdekaan
    • Daftar kegiatan yang biasa dilakukan saat 17 Agustus, misalnya upacara, lomba, gotong royong
    • Gambar-gambar sederhana kegiatan tersebut
    • Ajakan menjaga persatuan dan semangat nasionalisme

Contoh Ide Proyek Independence Day

  1. Buku Cerita Bergambar (Recount Text)
    • Siswa membuat buku kecil yang menceritakan pengalaman mereka mengikuti perayaan kemerdekaan
    • Isi teks recount dan ilustrasi gambar sesuai cerita
  2. Video Pendek Perayaan Kemerdekaan
    • Siswa membuat video singkat (1-2 menit) yang menunjukkan bagaimana mereka atau sekolah merayakan Hari Kemerdekaan
    • Bisa berupa dokumentasi kegiatan, atau drama singkat bertema kemerdekaan
  3. Kolase atau Poster Kolaboratif
    • Kelompok siswa membuat kolase gambar dan tulisan tentang kemerdekaan, pahlawan, dan kegiatan perayaan
    • Bisa dipajang di kelas sebagai hasil karya bersama
  4. Pameran Mini Proyek Kemerdekaan
    • Setiap siswa atau kelompok membuat proyek kecil seperti poster, puisi, atau karya seni bertema kemerdekaan
    • Karya-karya ini dipamerkan dalam kelas atau sekolah

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NARRATIVE TEXT DILENGKAPI GAMBAR