Proyek
Kolaboratif
Proyek kolaboratif adalah sebuah tugas atau kegiatan di mana sekelompok orang
(biasanya siswa atau peserta) bekerja sama secara aktif untuk menyelesaikan
suatu pekerjaan atau menghasilkan produk bersama-sama. Dalam proyek ini, setiap
anggota kelompok berkontribusi sesuai dengan kemampuan dan tugasnya agar tujuan
proyek tercapai dengan baik.
Contohnya: Siswa dibagi dalam kelompok kecil untuk membuat presentasi tentang lingkungan, di mana setiap siswa bertanggung jawab mengerjakan bagian berbeda, seperti penelitian, membuat slide, dan presentasi.
Gallery
Walk
Gallery walk adalah sebuah metode pembelajaran atau presentasi di mana hasil
karya siswa (misalnya poster, proyek, karya tulis, gambar, atau hasil diskusi)
dipajang di dinding atau meja, lalu siswa dan guru berjalan mengelilingi
ruangan untuk melihat, membaca, dan mempelajari karya-karya tersebut. Dalam
proses ini, peserta bisa berdiskusi, bertanya, atau memberi komentar tentang
karya yang dipajang.
Tujuannya untuk meningkatkan interaksi, memperluas pemahaman, serta memberikan kesempatan untuk berbagi hasil kerja dengan teman-teman.
Jadi, proyek kolaboratif adalah kegiatan kerja sama menghasilkan sesuatu, dan gallery walk adalah cara memamerkan dan mendiskusikan hasil kerja tersebut secara interaktif dalam bentuk pameran kecil di kelas atau ruangan.
Contoh Tugas Proyek Kolaboratif:
Membuat Recount Text tentang Perayaan Hari Kemerdekaan
Langkah-langkah:
- Pembagian
kelompok
Siswa dibagi menjadi kelompok kecil, misalnya 4-5 orang per kelompok. - Penentuan topik
Setiap kelompok membuat recount text tentang pengalaman mereka atau pengalaman orang lain yang berkaitan dengan perayaan Hari Kemerdekaan (Independence Day). Contohnya:
- Mengikuti upacara bendera 17 Agustus
- Mengikuti lomba tradisional 17 Agustus
- Mengunjungi tempat bersejarah pada Hari Kemerdekaan
- Mengadakan acara khusus di rumah atau sekolah untuk memperingati Hari Kemerdekaan
- Pengumpulan ide
dan cerita
Kelompok berdiskusi dan mengumpulkan ide cerita berdasarkan pengalaman nyata atau imajinasi. - Penulisan
recount text
Kelompok menulis recount text yang memuat:
- Orientation (pengenalan siapa, kapan, di mana)
- Events (urutan kejadian dalam cerita)
- Reorientation (kesimpulan atau perasaan setelah kejadian)
- Mengedit dan
merevisi
Kelompok saling membaca dan mengoreksi tulisan agar bahasa dan struktur benar. - Presentasi hasil
Kelompok mempresentasikan cerita mereka secara singkat di depan kelas.
Contoh teks singkat hasil proyek (contoh):
Our Independence Day Celebration
Last August 17th, my family and I celebrated Independence Day at my school. We started the day by joining the flag ceremony at 7 a.m. The principal gave a speech about the importance of freedom. After the ceremony, we joined some traditional games like sack race and tug of war. I was very excited because I won the sack race. In the afternoon, we visited the local monument and took pictures. It was a fun and memorable day for all of us.
Cara kerja "Find Someone Who…":
- Guru membuat daftar pernyataan atau pertanyaan yang berkaitan dengan topik pelajaran atau tema tertentu. Contohnya untuk tema Hari Kemerdekaan bisa seperti ini:
- Find someone who has participated in a flag ceremony.
- Find someone who has joined a traditional game on Independence Day.
- Find someone who watched fireworks last Independence Day.
- Find someone who wore red and white clothes on August 17th.
- Siswa berkeliling kelas dan mencari teman yang sesuai dengan pernyataan itu. Misalnya, siswa bertanya, “Have you ever joined a flag ceremony on Independence Day?” Jika temannya menjawab “Yes,” maka siswa tersebut bisa menuliskan nama temannya di daftar pernyataan itu.
- Aktivitas ini melatih siswa untuk berbicara, mendengarkan, dan bertanya dalam bahasa Inggris dengan cara santai dan menyenangkan.
Tujuan "Find Someone Who…":
- Membuat siswa aktif berbicara dan berinteraksi.
- Memperkenalkan pengalaman pribadi terkait tema.
- Menghangatkan suasana kelas sebelum pembelajaran inti.
- Melatih kemampuan bertanya dan menjawab dengan bahasa Inggris sederhana.
Contoh Lembar Kerja “Find Someone Who…”
|
Find Someone Who… |
Name |
|
Has joined a flag ceremony on Independence Day |
__________ |
|
Has participated in a traditional game |
__________ |
|
Has watched fireworks during Independence Day |
__________ |
|
Has worn red and white clothes on August 17 |
__________ |
|
Has visited a monument or historical place |
__________ |
Contoh Dialog Pertanyaan & Jawaban yang Bisa Dipraktikkan Siswa
Siswa A: Have you
ever joined a flag ceremony on Independence Day?
Siswa
B: Yes, I have. I joined the ceremony at my school last year.
Siswa A: Have you
ever participated in a traditional game on Independence Day?
Siswa
B: Yes, I joined the sack race during the celebration last
August 17th.
Siswa A: Did you
watch the fireworks last Independence Day?
Siswa
B: Yes, I did. It was very beautiful and colorful.
Siswa A: Did you
wear red and white clothes on August 17?
Siswa
B: Yes, I wore a red and white T-shirt at school.
Siswa A: Have you
ever visited a monument or historical place during Independence Day?
Siswa
B: Yes, I visited the National Monument with my family last
year.
Contoh Mind Map:
My Independence Day Celebration
· Who
o Me
o Family
o Friends
o School friends
· When
o August 17th last year
o Morning and afternoon
· Where
o At school
o At home
o Community park
· What activities happened
o Flag ceremony
o Traditional games (sack race, tug of war)
o Singing patriotic songs
o Watching fireworks
o Eating special food (snacks, snacks red-white colored)
· How I felt
o Excited
o Happy
o Proud
o Tired but satisfied
Jigsaw Reading adalah salah satu teknik pembelajaran membaca yang melibatkan kerja sama kelompok, di mana setiap anggota kelompok membaca bagian teks yang berbeda, lalu mereka saling berbagi informasi untuk memahami keseluruhan teks secara lengkap.
Cara kerja Jigsaw Reading secara singkat:
- Teks dibagi menjadi beberapa bagian (misalnya 3-4 paragraf atau subtopik).
- Siswa dibagi dalam kelompok kecil, lalu setiap anggota kelompok mendapat satu bagian teks yang berbeda.
- Setiap siswa membaca bagian teksnya secara mandiri dan memahami isinya.
- Setelah itu, anggota kelompok yang memiliki bagian teks yang sama berkumpul di “expert group” untuk berdiskusi dan mendalami materi bagian itu.
- Kemudian, siswa kembali ke kelompok asalnya dan bergantian menjelaskan isi bagian teks mereka kepada teman kelompok lain.
- Dengan cara ini, seluruh anggota kelompok akan memahami seluruh isi teks secara utuh melalui penjelasan teman-temannya.
Manfaat Jigsaw Reading:
· Melatih kemampuan membaca secara fokus dan mendalam.
· Melatih kemampuan berbicara dan menjelaskan ide secara jelas.
· Meningkatkan kerja sama dan komunikasi antar siswa.
· Membuat proses belajar jadi lebih aktif dan menyenangkan.
1. What did you do last Independence Day?
Answer: I joined the flag ceremony at my school and then played traditional games with my friends.
2. Did you join any special events or celebrations?
Answer: Yes, I participated in the sack race and tug of war during the school celebration.
3. Have you ever participated in a flag ceremony?
Answer: Yes, I joined the flag ceremony last year. I helped raise the flag with my classmates.
4. What games did you play during the Independence Day celebration?
Answer: I played the sack race and also joined the tug of war with my friends.
5. Where did you celebrate Independence Day last year?
Answer: I celebrated Independence Day at my school and later at home with my family.
6. Who did you celebrate with?
Answer: I celebrated with my classmates, teachers, and my family.
7. Did you wear special clothes on August 17th? What did you wear?
Answer: Yes, I wore a red and white T-shirt and a white hat during the celebration.
8. What was your favorite moment during the celebration?
Answer: My favorite moment was when I won the sack race and all my friends cheered for me.
9. Did you watch fireworks? How was it?
Answer: Yes, I watched the fireworks at night. They were colorful and very beautiful.
10. How did you feel during the Independence Day events?
Answer: I felt very happy and proud to celebrate my country’s independence.
Contoh Ide Poster Independence Day
- Poster Perayaan Kemerdekaan
- Gambar bendera merah putih
- Tulisan “Happy Independence Day” atau “Dirgahayu Republik Indonesia”
- Ilustrasi upacara bendera, lomba tradisional, kembang api
- Kalimat
motivasi singkat seperti:
“Freedom is priceless, keep our independence alive!” - Poster Tokoh Pahlawan Kemerdekaan
- Foto atau gambar pahlawan nasional seperti Soekarno, Hatta, Cut Nyak Dhien
- Sejarah singkat atau kutipan inspiratif dari pahlawan tersebut
- Warna merah putih sebagai latar belakang
- Poster Cara Memperingati Hari Kemerdekaan
- Daftar kegiatan yang biasa dilakukan saat 17 Agustus, misalnya upacara, lomba, gotong royong
- Gambar-gambar sederhana kegiatan tersebut
- Ajakan menjaga persatuan dan semangat nasionalisme
Contoh Ide Proyek Independence Day
- Buku Cerita Bergambar (Recount Text)
- Siswa membuat buku kecil yang menceritakan pengalaman mereka mengikuti perayaan kemerdekaan
- Isi teks recount dan ilustrasi gambar sesuai cerita
- Video Pendek Perayaan Kemerdekaan
- Siswa membuat video singkat (1-2 menit) yang menunjukkan bagaimana mereka atau sekolah merayakan Hari Kemerdekaan
- Bisa berupa dokumentasi kegiatan, atau drama singkat bertema kemerdekaan
- Kolase atau Poster Kolaboratif
- Kelompok siswa membuat kolase gambar dan tulisan tentang kemerdekaan, pahlawan, dan kegiatan perayaan
- Bisa dipajang di kelas sebagai hasil karya bersama
- Pameran Mini Proyek Kemerdekaan
- Setiap siswa atau kelompok membuat proyek kecil seperti poster, puisi, atau karya seni bertema kemerdekaan
- Karya-karya ini dipamerkan dalam kelas atau sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar